SELAMAT DATANG DI WEBSITE TARUNA TANI SAPTA DASA SEMOGA INFORMASI YANG KAMI BERIKAN BERMANFAAT UNTUK ANDA SEMUA SAHABAT SADA.

Manfaat dan Gizi Ikan Gabus Pada Anak Usia Dini

Hasil gambar untuk kandungan gizi ikan gabus

Ikan gabus atau kutuk mudah sekali ditemukan di daerah kita lebih lebih Rimbo Bujang Sapta Mulia dimana masih mudah kita temui habitanya ikan tersebut. selain hidup dialam liar dan daerah yang berawa rawa ikan tersebut juga paling sering jadi buruan pemacing tetapi taukah temen temen ternyata ikan gabus juga baik untuk masa pertumbuhan anak pada usia emas (1-5 tahun) kabar gembira buat bapak bapak yang hobi mancing....he,he,he,..
.seperti yang diungkapkan dalam penelitian Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, bahwa ikan gabus / ikan kutuk memiliki kandungan protein albumin tertinggi dibandingkan dengan sumber protein albumin dari ikan-ikan yang lain, seperti: ikan lele, ikan bandeng, ikan mas, ikan nila, dan lain-lain. Termasuk kadar protein ikan gabus / ikan kutuk juga tertinggi dibandingkan dengan bahan pangan yang selama ini dikenal sebagai sumber protein seperti: telur, daging ayam, dan daging sapi.
mungkin ini yang menyebabkan kenapa orang tua dulu memberikan ikan gabus / ikan kutuk ini kepada anak-anak, orang tua, atau orang sakit, tak lain dikarenakan protein yang dikandung oleh ikan gabus / ikan kutuk sangat mudah dicerna oleh bayi, anak-anak, manula/lansia, serta pasien-pasien penyakit berat yang mengalami kekurangan albumin.
  1. Albumin berfungsi untuk mengatur tekanan osmotic dalam darah, menjaga keberadaan air dalam plasma darah sehingga dapat mempertahankan volume darah dalam tubuh agar tidak terjadi pembengkakan / oedema.
  2. Lantas Adakah Efek Samping Jika Kelebihan Albumin?
    Tidak ada! Jika mengkonsumsi berlebihan albumin ini tidak akan menyebabkan kelebihan albumin (hiper albumin). Ketika pasokan albumin berlebih, tubuh akan menyimpannya sebagai massa otot, sehingga orang sehat pun aman mengkonsumsi albumin sebagai suplemen.
  3. Jika Anak Kekurangan Albumin
    Sebenarnya tubuh memiliki cadangan albumin yang bisa digunakan bila asupan albumin sangat kurang. Cadangan albumin berada di dalam otot.
  4. Pada anak yang sedang berada di fase periode emas pertumbuhan (golden age), yaitu usia 1-5 tahun, kekurangan albumin akan sangat mengganggu pertumbuhan badan dan otaknya. Semakin sedikit albumin, pertumbuhan sel ditubuh dan otak akan semakin lambat.
  5. Konsumsi ikan gabus / ikan kutuk sebanyak 2 kg per hari dalam waktu 8 hari bisa meningkatkan kadar albumin agar mencapai standar ideal yakni 3,5-5 g/dl.  Untuk anak sekarang tersedia dalam bentuk Madu Albumin Anak yang membuat anak senang mengkonsumsi karena rasanya yang manis dan bermanfaat.
Hasil gambar untuk kandungan gizi ikan gabusNah buat para pemancing mania jangan lupa ikan gabusnya buat anak anaknya karena banyak orang tua merasa sudah cukup memberi asupan makanan yang bergizi yang seimbang kepada anaknya, sudah diberi karohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Tetapi setelah dianalisis, ternyata banyak dari orang tua yang tidak menyadari bahwa yang diberikan kuantitasnya masih kurang dari kebutuhan yang diperlukan anak.

Referensi:  berbagai sumber

TWEET SADA