SELAMAT DATANG DI WEBSITE TARUNA TANI SAPTA DASA SEMOGA INFORMASI YANG KAMI BERIKAN BERMANFAAT UNTUK ANDA SEMUA SAHABAT SADA.

BUDIDAYA IKAN PATIN DIMINATI MASYARAKAT



Salam Sada......Perkembangan budidaya ikan di Sumatera Utara semakin pesat terutama air tawar. Perikanan yang dikembangkan yakni olohan hasil perikanan, pakan ikan dan budidaya ikan. Komuditas air tawar yang dibudidayakan adalah ikan lele, emas, nila  dan patin serta masih banyak lagi.


Berdasarkan, data realisasi produksi ikan patin di Sumut yang tercatat Dinas Kelautan dan Perikanan Sumut tahun 2014, baru mencapai 4.196 ton. Karena itu, untuk tahun 2015 ini, budidaya ikan patin merupakan salah satu komoditas yang akan didorong produksinya, di samping ikan nila, lele, dan ikan mas," kata Kepala Bidang Budidaya Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Utara. Permintaan Komuditi ikan patin semakin banyak diminati oleh masyarakat.

Ikan patin kosumsi selain diolah menjadi sayur lodeh ikan patin, juga dapat diolah menjadi krupuk  kulit patin, krupuk daging ikan patin, tepung ikan, abon ikan, bakso ikan dan sosis ikan dan masih banyak lain produk dari ikan patin.

Menurut robet, untuk pabrik pengolahan ikan patin yang ada masih dilakukan sendiri oleh pembudidaya ikan patin tersebut untuk mencukupi kebutuhan ikannya. Pabrik pengolahan ikan patin tersebut, masih sangat membutuhkan pasokan yang banyak dari para pembudidaya yang ada.

Robert mengungkapkan, kondisi ini merupakan peluang yang sangat baik untuk para pembudidaya ikan patin untuk menambah populasi kolamnya. Karena, pasar yang tersedia sangat terbuka lebar untuk mereka. Nilai jual ikan patin saat ini juga cukup baik. Sehingga, pihaknya pada tahun ini berpikir untuk mendorong peningkatan produksinya. Tetapi, untuk kesuksesannya, Robert mengakui masih ada kendala. Apalagi budidaya perikanan merupakan salah satu unit usaha yang sangat mahal untuk dilakukan, karena membutuhkan modal yang tak sedikit. "Jika dapat dimanfaatkan dengan baik, peluang ini dapat meningkatkan nilai ekonomis pembudidayanya dan calon pembudidaya ikan patin selain ikan air tawar lainnya," jelasnya.

"Budidaya perikanan itu memang aktifitas yang mahal, cost produksinya tinggi, sehingga menyulitkan pembudidayanya melakukan pengembangan. Sementara bantuan dari pemerintah pun tidak akan memberikan kontribusi yang begitu besar, tetapi tetap akan kita upayakan," pungkasnya. ( Referensi : www.budilaksonoputra.com )

TWEET SADA