SELAMAT DATANG DI WEBSITE TARUNA TANI SAPTA DASA SEMOGA INFORMASI YANG KAMI BERIKAN BERMANFAAT UNTUK ANDA SEMUA SAHABAT SADA.

MENGGAET RUPIAH DARI HOBI BOTOL BEKAS MENGHASILKAN JUTAAN RUPIAH



Salam Sada.... buat temen temen yang punya minat berwirausaha. Ini adalah kisah dari Iswanto dari Mlati Sleman yang melakukan usaha budidaya cupang dengan tekun, dan hasilnya fantastis  menghasilkan keuntungan jutaan rupiah.

Bila kita punya niat dan tekat serta dilakukan dengan penuh ketekunan pasti akan membuahkan hasil. Sesuatu yang hanya terlihat sepele pun, bukan tidak mungkin dapat menghasilkan sesuatu yang besar dan diluar dugaan banyak orang. Mungkin kata itulah yang tepat untuk menggambarkan sosok Iswanto (26) salah seorang lelaki warga Sinduadi Mlati Sleman.

Siapa sangka, berawal dari hobinya memelihara ikan cupang atau beta, ia pun bisa mendapat penghasilan hingga jutaan rupiah setiap bulannya. Ya, sejak beberapa waktu terakhir ini Iswanto memang mulai tertarik membudidayakan ikan cupang hias. Awalnya ia mengaku hanya coba-coba. Namun setelah beberapa tahun, kini budidaya ikan cupang itu telah menjadi pekerjaan utamanya.


"Awalnya saya cuma pelihara saja. Sekedar beli, lalu sesekali ikut kontes. Tapi lama-lama saya tertantang untuk bisa mencetak ikan cupang yang bagus dan dapat memenangi kontes, tapi dari hasil ternak sendiri. Dari situ saya mulai mencoba membudidayakan ikan cupang saya," katanya belum lama ini.

Yang mengherankan Iswanto sendiri membudidayakan ikan cupang di rumah sempitnya yang sepertinya mustahil untuk beternak. Bagaimana tidak, ia hanya memanfaatkan lorong jalan di dalam rumahnya seluas tak lebih dari 1/5 x 2 meter di dekat kamar mandi. Tempat untuk menaruh ikan cupang pun hanya memanfaatkan botol-botol bekas yang ditata sedemikian rupa.

gambar ikan cupang
"Dulu awalnya hanya beberapa ekor indukan saja. Setiap menjodohkan selalu gagal. Kalaupun berhasil anakan seringkali mati. Maklum karena waktu itu saya tidak punya ilmu sama sekali," katanya.

Namun setelah banyak bergaul dengan sesama peternak serta mencari tahu dari berbagai sumber termasuk di internet, pelan-pelan Iswanto mulai berhasil menernakkan ikan cupangnya. Ia pun kini rutin menjual ikan hasil ternakannya baik dari mulut ke mulut atau melakui internet hingga ke berbagai daerah. "Sekarang saya biasa kirim ke berbagai daerah. Baik di kota-kota pulau jawa, bahkan hingga Sumatra dan Kalimantan. Saya juga sering ikut kontes meski hanya di sekitar wilayah DIY Jateng," katanya.

Siapa sangka meski hanya memanfaatkan lorong sempit seluas kurang dari 2 meter persegi, Iswanto setiap bulannya bisa menghasilkan hingga jutaan rupiah. "Saya termasuk orang baru, karena baru beberapa tahun ini beternak cupang. Tempatnya pun juga cuma seadanya. Sehingga omsetnya pun juga masih sedikit. Sekitar Rp2,5 juta per bulan," katanya.(Sumber :kedaulatan rakyat)

TWEET SADA