SELAMAT DATANG DI WEBSITE TARUNA TANI SAPTA DASA SEMOGA INFORMASI YANG KAMI BERIKAN BERMANFAAT UNTUK ANDA SEMUA SAHABAT SADA.

TANAMAN YANG DAPAT MEMPERBAIKI KUALITAS AIR KOLAM



Salam sada…… Air merupakan media vital yang sangat menentukan kelangsungan hidup ikan. Makanya pasokan air yang memadai dapat membantu proses budidaya ikan. Berbagai cara yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas tetap terjaga dengan baik yakni pemupukan yang berguna untuk menumbuhkan plankton atau pakan alami. Peningkatan kualitas air bisa juga dilakukan dengan memeri berbagai tanaman yang tumbuh disekitar kita. 


Beberapa tanaman tersebut adalah :

Lampesan ( Scutellaria discolor )
Lampesan yang digunakan untuk meningkatkan kualitas air pada kolam ikan yakni daun dan batangnya. Daunnya banyak mengandung saponin, flavonoid, polifenol dan minyak asiri. Dimana bagian yang terpenting untuk meningkatkan kualitas air adalah kulit batang. Caranya potong-potong lampesan ini sebanyak 30 kg untuk kolam 50 m2, lalu jemur selama enam jam hingga layu. Selanjutnya masukkan batangnya di kolam 2-3 hari. Batang akan hancur bagian kayu yang keras. Dengan pemberian lampesan ini kolam akan menjadi kehijau-hijauaan. Itu berarti sudah tumbuh plankton yang dibutuhkan oleh ikan pada masa pendederan.  Selain itu daun lampesan dapat digunakan untuk menurunkan pH tinggi.


Tetean ( Durante repens )
Tetean yang digunakan adalah batang dan daunnya karena mengandung saponin, flavonoid,polifenol dan minyak asiri. Tetean berguna  untuk meningkatkan kualitas air. Caranya adalah potong batang dan daunnya sebanyak 10 kg untuk kolam seluas 50 m2. Pilihlah pucuk yang masih  bagus, rendam selama 5 hari. Reaksinya agak lama karena batang dan daunnya keras. Tanaman ini sangat kuat untuk menurunkan pH air  budidaya ikan. Selain ini tanaman bisa digunakan untuk mengobati ikan yang mengalami strees. Bila sudah adanya tananaman di kolam ikan akan ditandai adanya kolam yang berwarna hijau-hijauan.

Pisang ( Musa paradisiacal )
Pisang yang digunakan adalah inti batang semu dan bonggol.  Pisang juga untuk menurunkan kualitas air pada kolam. Bagian yang penting untuk menurunkan pH air adalah getah yang keluar dari bonggolpisang. Reaksinya cepat  banget. Caranya adalag ambil batang pisang dan bonggolnya. Dosisnya yang digunakan adalah 30 kg untuk kolam berukuran 24 m2. Cacah bonggol pisang seukuran 1-2 cm agar tidak mudah busuk.

Ketapang ( Terminalia cattapa )
Tanaman ketapang yang digunakan adalah daun, batang dan daunnya. Karena daun ini mengandung tannin yang bersifat astringen. Caranya menggunakannya yakni daun ketapang dijemur  terlebih daulu selama 6 jam sampai layu kemudian masukkan dalam kolam selama 2-3 hari. Bagi para pembudidaya yang mengunakan daun ketapang sebagai penetral pH sebaiknya dimasukkan pada kolam  sebelum ikan  dimasukkan. Fungsi dari tanaman ketapng juga sama yakni menurunkan pH.

Eceng Gondok ( Eichhornia crassipes )
Bagian tanaman ini yang digunakan adalah seluruh tanaman.  Manfaat tanaman ini bagi budidaya ikan yakni menyerap polutan atau racun dalam kolam yang disebabkan oleh penumpukan pakan dan feses didasar kolam yang menghasilkan racun bagi ikan. Cara penggunaan eceng gondok sedikit saja di kolam  maksimal sepertiga bagian kolam. Bila jumlah polupasi eceng gondok sudah terlaulu padat maka segera pindahkan ketempat lain. Eceng gondok biasanya diberikan pada kolam sistem hampa atau kolam terpal terutama pada  masa pendederan ikan. Pada kolam yang diberi tanaman ini akan mengalami penurunan kualitas air yang disebabkan pecemaran pakan.  Tanama ini juga bisa di masukkan dalam kolam lele yang ada dibelakang rumah. Karena akar tanaman ini akan menyerap deterjen dan limbah yang masuk dalam kolam. Selain itu eceng gondok bisa digunakan untuk pemijahan ikan baik ikan air tawar maupun ikan hias. Biasanya akar yang menjuntai ini akan sebagai tempat untuk penempelan telur-telur hasil pemijahan.

Padi  ( Oryza sativa )
Pada padi  yang digunakan adalah seluruh bagian tanaman tersebut.  Tanaman ini bisa memperbaiki kualitas air karena mudah menumbuhkan pakan alami atau plankton. Cara penggunaannya untuk meningkatkan kualitas air yaitu, jerami diambil sebanyak 5 kg lalu dijemur selama 5 hari sampai kering. Kemudihan  jeremi diikat kecil2 dan dimasukkan dalam pojok-pojok kolam. Setelah seminggu jerami akan membusuk, bila jerami diangkat akan dijumpai sejenis jasad renik yang merupakan pakan alami. Usahakan perendaman jerami jangan terlalu lama sebab air akan berbau masam.

Selamat menggunakan  tanaman ini untuk meningkatkan kualitas air kolam  budidaya ikan

TWEET SADA