SELAMAT DATANG DI WEBSITE TARUNA TANI SAPTA DASA SEMOGA INFORMASI YANG KAMI BERIKAN BERMANFAAT UNTUK ANDA SEMUA SAHABAT SADA.

Dunia Perikanan Sapta Mulia



Budi laksono, S.Pi

Salam sada…..ok temen kemarin hari sabtu sempet juga main main ke kantor bapak budi laksono,S.Pi  dan disana kami banyak mendapat informasi tentang dunia perikanan, bahkan menurut beliau potensi sapta mulia untuk perikanan cukup baik karena banyak sekali factor penunjangnya. Selama ini banyak anggapan yang kurang pas dan kurang tahunya masyarakat tentang perikanan umumnya masyarakat hanya mengenal dan membudidayakan ikan konsumsi saja itu pun sebatas hanya digoreng rebus dan sambal, padahal masih banyak jenis ikan yang mungkin bisa menjadi peluang bisnis di sapta mulia.




Untuk ikan mungkin yang popular disini adalah ikan lele, ikan mas, ikan nila, ikan gurame, dan ikan patin dan masih jarang sekali masyarakat disini membudidayakan ikan hias dll yang mungkin dari segi ekonomis bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan tinggi.
Kemudian juga untuk masalah tempat kalau saya liat disini masih banyak menggunakan kolam tanah (masih terpaku hanya itu) walaupun ada juga yang menggunakan kolam terpal…secara umum mereka hanya membeli bibit ikan kemudian masukkan ke kolam dikasih makan kemudian ditunggu sampai beberpa bulan di panen. Dari hasil panen tersebut lebih banyak di konsumsi daripada di jualnya.
Masyarakat disini masih banyak yang belum mengetahui bagaimana perawatan ikan memang tidak semuanya tapi rata rata masyarakat melakukan budidaya ikan seperti gambaran diatas.
Budi Laksono, S.Pi memberikan keterangan kepada ketua SADA
Belum lagi untuk masalah pakan banyak masyarakat yang hanya membeli pakan tanpa  berusaha untuk membuat pakan secara alami, pupuk cair atau pakan buatan sendiri dan untuk air model yang digunakan hanya sebatas di isi, diambil (dikuras), diganti sebatas itu saja, memang tidak salah tapi ada baiknya ditambah dengan tanaman tanaman yang dapat meningkatkan kualitas air kenapa karena Air merupakan media vital yang sangat menentukan kelangsungan hidup ikan. Makanya pasokan air yang memadai dapat membantu proses budidaya ikan karena peningkatan kualitas air bisa juga dilakukan dengan memeri berbagai tanaman yang tumbuh disekitar kita. Dan ini jarang sekali masyarakat yang mengetahuinya mungkin masyarakat hanya mengenal enceng gondok saja.

TWEET SADA