SELAMAT DATANG DI WEBSITE TARUNA TANI SAPTA DASA SEMOGA INFORMASI YANG KAMI BERIKAN BERMANFAAT UNTUK ANDA SEMUA SAHABAT SADA.

Mengenal Sapi Belgian Blue Double Muscled

Salam Sada, Ternak sapi berotot ganda ( double muscled / DM) seperti ototnya para atlit bina raga saat ini ada 2 jenis yakni sapi Belgian Blue (BB) dari Belgia dan sapi Piedmontese dari Italia. Sapi BB double muscled adalah hasil seleksi Pemerintah Belgia sejak tahun 1920. Double muscled atau hipertrofi otot tersebut muncul disebabkan adanya mutasi gen myostatin (GDF-8). Selain itu juga disebabkan adanya penurunan protein turn over.  Hal ini mengakibatkan peningkatan masa otot dan menurunnya deposisi lemak sehingga menghasilkan carcas yield (mencapai 80%) dan meat yield (mencapai 85%) yang lebih tinggi dibandingkan sapi jenis lainnya.

Bobot sapi Belgian Blue jantan dewasa berkisar antara 1100 – 1250 kg dengan ketinggian 1,45 – 1,50 m. Tidak jarang juga diketemukan yang bobot hidupnya lebih dari 1300 kg. Sapi betina dewasa bisa mencapai bobot hidup 850 – 900 kg dan tingginya bisa melebihi 1,40 m.
Kekurangan dari daging sapi DM dilaporkan berwarna pucat, citarasa yg kurang dan rendahnya daya ikat air (Boccard, 1981;. Bailey et al., 1982).
BBPP Batu di tahun 2018 ini turut serta dalam pengembangan sapi BB double muscle melalui teknik transfer embrio (TE). Embrio BB langsung diimpor dari Belgia oleh BET-Cipelang. Ada 30 ekor sapi indukan jenis Frisien Holstin (FH) yg telah disiapkan sbg resepien embrio tsb. Harapannya semua bisa berkembang dg baik dan 30 ekor pedet BB hsl TE tsb bisa dilahirkan scr normal.
(Eko Saputro, S.Pt, M.Si-BBPP-Batu)

Sumber : bbppbatu.bppsdmp.pertanian.go.id

TWEET SADA