SELAMAT DATANG DI WEBSITE TARUNA TANI SAPTA DASA SEMOGA INFORMASI YANG KAMI BERIKAN BERMANFAAT UNTUK ANDA SEMUA SAHABAT SADA.

Sehat, Cerdas, dengan Minum Susu Segar Setiap Hari

Puncak perayaan Hari Susu Nusantara (HSN)ke-8 2016 telah diselenggarakan di Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, pada tanggal 1-2 Juni 2016 dengan tema “Sehat, Cerdas, Sejahtera dengan Minum Dua Gelas Susu Segar Setiap Hari”. Dengan tema tersebut diharapkan mampu: Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya minum susu; Meningkatkan konsumsi minum susu demi terwujudnya peningkatan kualitas gizi bangsa dan Mendorong percepatan pengembangan industri sapi perah nasional yang pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak
Rangkaian acara HSN 2016: Gerak Jalan Sehat, Pameran, Lomba Mewarnai, Demo Masak Berbahan Dasar Susu. Gerak jalan sehat dilepas oleh Prof. Dr. Ir. Muladno, MSA Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) dan Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, M.S (Rektor UB). Jalan santai diikuti oleh sekitar 1000 orang peserta yang berasal dari masyarakat Malang dan sekitarnya.

Pameran HSN, diikuti oleh Balitbangtan. UK/UPT yang berpartisipasi pada acara pameran ini adalah Puslitbangnak, Bblitvet, BB Pascapanen, Balitjestro, BPTP Jawa Timur dan Lolit Sapi Potong. Pameran kali ini menampilkan beberapa inovasi teknologi peternakan antara lain Peran Gen DGAT1, SCD1 dan ACACA untuk Perbaikan Kadar Lemak Susu Sapi Perah, leaflet (Kambing Perah Etawah, Indigofera sp, Rumput unggul pakan ternak, Pemisahan Spermatozoa X dan Y pada sapi Perah), serta publikasi (JITV, Wartazoa, buku Dukungan Teknologi dan Kebijakan dalam Percepatan Produksi dan Konsumsi Susu untuk Meningkatkan Gizi bangsa; dan hijauan pakan ternak). Produk yang ditampilkan adalah macam-macam bibit rumput untuk pakan ternak, macam-macam jeruk beserta bibit nya dan KRPL. Selain itu, juga dibagikan stick dan permen dari susu.
Selain Balitbangtan pameran juga diikuti oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, BPTU-HPT Baturaden, BIB Singosari, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat, Fakultas Peternakan Univeritas Brawijaya, Asosiasi Peternak Kambing Perah Indonesia. PT. Lunar Chemplast, Lembaga sertifikasi benih dan nibot ternak, PT Greend Field Indonesia, PT. Fonterra Brands Indonesia, Pusvetma, PT. Mirota, PT. Frisien Flag, PT. Cimori, Indomilk, Milo, dan Asuransi Jasindo

sumber: peternakan.litbang.pertanian.go.id

TWEET SADA